Apakah Islam Nusantara Itu Sesat?

Posted on

Jika kita coba simak beberapa tahun ke belakang muncul istilah Islam nusantara di Indonesia. Istilah tersebut kemudian membawa pro dan kontra di kalangan masyarakat. Ada yang memang setuju dan ada juga yang tidak setuju dengan konsep tersebut. Bahkan ada beberapa diantaranya yang menyebutkan bahwa itu adalah aliran Islam yang sesat. Namun sebagian yang lainnya juga membela bahwa ini adalah Islam yang rahmatan lil alamin yang menjadi ciri khas Indonesia.

Apakah Islam Nusantara Itu SesatSiapa ya yang pertama mengusung istilah Islam versi Nusantara?

Penting untuk mengetahui tentang siapa sebetulnya yang pertama kali istilah Islam ala nusantara. Sebetulnya tidak ada penjelasan yang detail tentang Siapa yang pertama kali mengusulkan namun kalau kita lihat sejarahnya kemunculannya itu sebetulnya diusung ketika melihat fenomena kondisi dunia Islam Arab Timur Tengah yang selalu bergejolak dan konflik. Lalu kemudian Indonesia didesak oleh beberapa kalangan untuk menarik diri dari Islam Arab Yakni dengan mengedepankan toleransi yang juga inklusif serta moderat.

Apa yang Dianggap Sesat dari Islam Nusantara?

Nah disini akan kita coba bahas beberapa pandangan dan pendapat yang menganggap bahwa Islam nusantara itu sesat. Tentu ada beberapa hal sebetulnya yang memang menganggap bahwa Islam yang satu ini dianggap sesat dengan beberapa pandangan tertentu. Mungkin banyak diantara Anda yang memang penasaran dan ingin tahu apa saja sih pandangan yang dimaksud tersebut. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Banyak aliran Indonesia yang yang dianggap menyimpang dari Alquran dan hadis – karena Islam ala Nusantara ini menganut budaya lokal Indonesia maka sebagian aliran seperti Wahabi dan Salafi menganggap bahwa islam harus dijauhkan dari aliran-aliran walaupun aktivitas budaya yang sesat.
  • Islam versi Nusantara merusak kesempurnaan Islam – banyak juga yang beranggapan bahwa Islam aliran Nusantara ini ternyata merusak aliran Islam yang sempurna. Adanya penggunaan fiqih dengan melibatkan budaya Indonesia disebutkan bahwa itu merusak kesempurnaan dari Islam dan memang tidak ada aliran dari Alquran dan hadis.
  • Akan membuat aliran islam lain tertindas – Perbedaan pandangan dalam Islam memang merupakan hal yang sangat wajar sekali. Akan tetapi jika Islam ala Nusantara ini diadopsi sebagai Islam utama di Indonesia tentu akan menindas beberapa pilihan Islam yang lainnya. Tentunya itu dia khawatirkan Tidak proporsional dan membuat kecemburuan.

Nah demikian sebetulnya beberapa penjelasan dan jawaban tentang apakah Islam nusantara itu sesat atau tidak. Selain beberapa jawaban di atas mungkin anda juga memiliki jawaban sendiri tentang itu semua dan silakan Anda tentukan jawaban anda. Setidaknya jika kita memang sudah memahaminya dengan baik kita bisa memiliki penilaian yang logis dan objektif terhadap kita semua.