Baca Artikel Ini Sebelum Memberi Makan Ikan Hias Menggunakan Makanan Ikan Alami

Posted on

Baca Artikel Ini Sebelum Memberi Makan Ikan Hias Menggunakan Makanan Ikan AlamiDalam memelihara ikan hias sangat penting untuk kita memperhatikan makanan ikan. Karena makanan ikan sangat berpengaruh tinggi terhadap pertumbuhan dan juga warna pada ikan. Makanan ikan hias alami dipercaya oleh banyak orang dapat memberikan efek pertumbuhan yang cepat pada ikan yang dipelihara. Selain itu ikan lebih agresif jika kita berikan makanan ikan alami. Namun, sebelum kita memberikan makanan ikan jenis ini untuk ikan yang kita pelihara, ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal yang sangat penting. Karena kebanyakan makanan ikan alami jika tidak kita tangani dengan baik dapat membuat ikan sakit bahkan mati. Apa saja hal-hal penting tersebut? Simak selengkapnya dibawah ini:

Asal Makanan Ikan Tersebut di Dapatkan

Hal penting pertama yang harus kita ketahui adalah asal atau sumber makanan ikan alami itu didapatkan. Seperti contoh makanan ikan alami cacing sutera. Nah, mungkin bagi sebagian orang tidak mengetahui cacing sutera tersebut berasal darimana? Cacing sutera biasanya dapat kita temukan dengan mudah di selokan kecil disekitaran perumahan. Walaupun jenis makanan ikan ini sangat bagus untuk ikan yang kita pelihara, tetapi jika dilihat dari asal habitat cacing tersebut didapatkan maka ada baiknya kita harus melakukan penangan khusus sebelum diberikan kepada ikan peliharaan. Walaupun saat ini sudah ada beberapa petani yang mulai membudidayakan makanan alami jenis ini. Tetapi sama saja perlu penanganan khusus sebelum diberikan, agar kotoran-kotoran yang terbawa pada cacing tersebut tidak termakan oleh ikan yang kita pelihara dan menimbulkan penyakit.

Lakukan Penanganan Terlebih Dahulu Sebelum Diberikan

Penanganan terhadap makanan ikan alami yang sebelum kita berikan untuk ikan hias peliharaan sangat penting kita lakukan, agar makanan alami tersebut higienis dan tidak membawa bibit penyakit. Sebaiknya jika anda membeli makanan alami dari penjual makanan ikan tanyakan terlebih dahulu sumbernya darimana. Jika bersumber dari alam, maka ada beberapa penanganan khusus yang harus kita lakukan terlebih dahulu seperti:

  • Bersihkan terlebih dahulu mkaanan ikan almai tersebut menggunakan air mengalir hingga bersih
  • Pastikan kotoran sudah terbuang, lalu lakukan perendalam dalam wadah dengan diberikan cairan anti ich atau blit ich agar kuman dan bakteri yang menempel pada makanan alami mati. Pemberian cairan tidak boleh terlalu banyak, karena alih alih ingin membunuh kuman malah makanan alami ikan kita yang terbunuh. Waktu perendaman cukup 15-30 menit saja.

Setelah mendapatkan penanganan khusus diatas maka makanan alami dapat langsung kita berikan untuk ikan yang kita pelihara. Selalu di ingat pemberian makanan alami tidak boleh berlebihan juga dan juga ada baiknya diselingi dengan makanan pelet agar nutrisi lain yang ikan kita butuhkan dapat terpenuhi.